January 23, 2013

Pin It

Evolusi dan Sejarah Logo Apple

 
 
Siapa yang tidak mengenal bentuk Logo Apple yang menyisakan hasil gigitan di sisi kanan. Tentunya, sebelum akhirnya perusahan ini menggunakan logo tersebut, perubahan demi perubahan telah berlangsung. Berikut evolusi atau perubahan yang telah dilakukan pada apple.
 
Pertama kali, Logo Apple di buat pada 1976-1976 (The Newton Crest)
Logo ini dibuat tahun 1976 oleh Ronald Wayne. Bisa dibilang Ronal Wayne ini merupakan bagian dari co-founder Apple. Cerita singkatnya, ketika Stephen G. Wozniak and Steve Jobs memutuskan untuk membuat Apple, Woz meminta seseorang yang dapat dipercaya dari Jobs. Lalu, terpilihlah Wayne yang memang merupakan rekan kerja saat keduanya bekrja di Atari. Saat itu Wayne yang telah diajak untuk bergabung bersama Apple mendapat tawaran hasil 10% dari kemunculan Apple yg masih sangat baru. Wayne hanya menerima 10% pertamanya senilai $800 dan meninggalkan Apple 2 minggu setelahnya.
1976-1976 (The Newton Crest)


 

Perubahan Logo Apple yang kedua dilakukan pada 1976-1998 (The Rainbow Logo)


Setelah 1 tahun menggunakan logo pertamanya, Steve Job memutuskan untuk mencari seorang designer untuk membuat perubahan dan memberikan hal baru pada Logo Apple. Seorang graphic designer Rob Janoff dipilih untuk tugas itu. Steve hanya mengatakan agar Janoff membuat Logo Apple dengan lebih modern.

"oh I don’t know, a little bit more modern".
 
Tugas yang Steve Jobs berikan untuk graphic designer Rob Janoff


Lalu jadilah Logo baru Apple garapan  Rob Janoff. Dia menjelaskan bahwa gigitan yang ditunjukan pada Logo Apple bertujuan sebagai sebuah implementasi dari Buah Apple itu sendiri.

 


Tentang warna yang terjadi pada Logo Apple, hal itu merupakan keputusan Jobs. Dia bersikeras untuk menghadirkan warna pelangi untuk membuat kesan Humanis pada perusahaan Apple. Lain halnya dengan Janoff, dia menjelaskan bahwa tidak ada alasan ataupun rima dibalik pemilihan beragan warna pada logo itu, dia hanya fokus pada warna hijau pada bagian atas karena memamg letak daun di bagian itu.

Setelah 22 tahun logo itu digunakan, Steve Jobs yang kembali pada perusahaan itu pada 1997 memutuskan untuk mengubah total multiple warna yang ada.  

Logo yang saat ini kita jumpai, diubah tahun 1998 – Present (The Monochrome Logo)

Ketika kembalinya Steve Jobs pada 1997, Perusahaan ini sudah berkucuran banyak uang. Steve Jobs yang memang selalu mengenal perubahan memutuskan untuk mengubah logo tersebuat dengan berpatokan bahwa "Sebuah Logo sangatlah berpengaruh pada peningkatan pendapatan".


 
 


Bereksperiment tentang meletakan Logo Apple agar lebih menonjol merupakan salah satu perubahan yang dilakukan Steve Jobs. Sebagai contoh, eksekusi pada original Bondi Blue iMac dengan logo Apple pada bagian atas. Jika tetap menggunakan Logo yang memiliki multi warna dengan ukurannya yang terbilang besar, hal itu justru akan merusak penampilan produk itu sendiri. Selain itu, kata Steve Jobs, Logo itu akan berkesan kekanan- kanakan dan miskin tata letak. Sejak saat itulah keputusan Steve Jobs menggunakan Logo baru dengan balutan monokrom mulai ditempatkan serta disebarkan ke kalayak.




Mari mengenang yang Lama dan Sekarang



0 comments:

Post a Comment

Mari membaca. Terima kasih untuk kunjungannya.

InsanPers Blog

Thanks for visiting this blog.
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes