December 16, 2012

Pin It

Di Paraguay, Tempat Pembuangan Sampah Jadi Sebuah Orkestra Mozart




Daerah kumuh Cateura, Paraguay adalah sebuah tempat dimana kehidupan sehari hari tidak akan kita temui jam jam sibuk, atau bahkan kekurangan akan hari libur. Kehidupan di tempat itu di kenal memang sangat berat. Permasalahan utama yang melanda ialah kemiskinan.

Di sisi lain, keterbatasan ekonomi masyarakatnya justru memunculkan kreatifitas unik dari masyarakat yg tinggal di sekitar TPA (Tempat Pembuangan Sampah). Mereka mewariskan hal yang istimewa bagi anak anak.

Daerah itu sekarang benar benar berubah menjadi sebuah lahan pendapatan bagi masyarakat. Apa yang mereka lakukan selain memulung sampah? Mereka menjual benda benda daur ulang yang telah disulap menjadi sebuah full set instrument untuk sebuah orkestra. Sebuah komunitas pun muncul untuk meramaikan gebrakan yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar TPA Cateura.

Silahkan menonton cuplikan Film dokumenter "Landfill Harmonic"

Landfill Harmonic adalah sebuah film yang menghangatkan hati, menampilkan sebuah orkestra yang unik di Amerika Selatan. Seluruhnya instrumen terbuat dari sampah bekas yang setiap harinya menumpuk. "The Recycled Orchestra" atau Orchestra daur ulang adalah garapan Favio Chavez, seorang pekerja TPA dan musisi dari Paraguay. Film ini merupakan sebuah cuplikan yang telah dipublikasikan secara online, keberadaan Chavez dan kelompok anak-anak yang menginspirasi, mengalahkan kemungkinan di kota yang dilanda kemiskinan, Cateura. Info Tambahan, Bahwa Cateura ada hampir di atas TPA di mana warga menggantungkan hidup mereka dengan mengumpulkan sampahdan menjual sampah orang lain.Terletak di sepanjang tepi Sungai Paraguay, 1.500 ton sampah dibuang di daerah setiap hari. Semoga menginspirasi...

0 comments:

Post a Comment

Mari membaca. Terima kasih untuk kunjungannya.

InsanPers Blog

Thanks for visiting this blog.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes